top of page
  • Gambar penulisStudio Hanasta

Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Membangun Rumah | Jasa Arsitek Jogja

Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Membangun Rumah | Jasa Arsitek Jogja - Membangun rumah merupakan impian hampir setiap orang, apalagi bagi kalian yang akan membangun rumah pertama. Pada artikel kali ini, Studio HANASTA akan menjelaskan langkah-langkah yang Perlu Kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membangun Rumah:


Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Membangun Rumah

1. Pilih Studio Arsitek dan Interior

Hal ini wajib Kamu lakukan pada langkah pertama, saat ini banyak sekali pilihan jasa yang ditawarkan, mulai dari Studio khusus desain arsitektur, interior, maupun keduanya, serta ada studio yang menawarkan jasa desain sekaligus bangun, seperti Studio HANASTA yang menjadi solusi satu pintu untuk Kamu yang mau terima beres dari segala proses.


Pilihan-pilihan jasa tersebut tentunya ada plus dan minus yang dapat dibandingkan antara satu satu dengan yang lainnya. Pilihan akhir tentunya ada di tanganmu ketika melihat penawaran-penawaran yang diberikan.


2. Lakukan Konsultasi

Tahap ini sangat penting untuk membahas lebih detail mengenai kebutuhanmu terhadap rencana pembangunan rumah yang akan dibangun. Pada tahap ini juga, kamu wajib menemukan kecocokan dalam berbagai hal seperti komunikasi, style, dan alur proses yang sesuai dengan keinginanmu.


Kamu wajib menceritakan secara detail mulai dari aktivitas harianmu, kebutuhan ruang yang diinginkan, konsep dan tema bangunan, hingga finishing material yang diinginkan.


3. Dapatkan Penawaran Terbaik

Setelah kamu menentukan Studio Jasa, hubungi mereka dan mintalah untuk berkonsultasi. Pada tahap ini, biasanya kamu tidak akan dikenakan biaya sebelum adanya kesepakatan kerja. Sebagai contoh, apabila kamu menggunakan Studio HANASTA sebagai salah satu Studio pilihan, kamu akan mendapatkan Penawaran berupa hasil desain sesuai yang kamu inginkan pada tahap konsultasi hingga Rencana Anggaran Biaya yang akan kamu keluarkan secara keseluruhan.


4. Kerja Sama

Apabila kamu sudah mendapatkan penawaran terbaik dan menyetujuinya, langkah selanjutnya persiapan finalisasi dan start proyek. Pada tahap ini biasanya akan ada penandatangan SPK (Surat Perjanjian Kerjasama) antara Kamu (Owner) dan Kontraktor yang bertugas menangani proyek.


Sebelum tanda tangan dilakukan, sebaiknya kamu cek keseluruhan dari klausa-klausa yang tercantum di dalamnya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dalam perjanjian ini. Kamu memiliki hak untuk membahas satu per satu klausa secara mendetail apabila dibutuhkan.


5. Proyek Berlangsung

Pada tahap ini, proyek akan berjalan sesuai dengan rencana waktu yang telah ditentukan, kamu bisa melihat Kurva-S (Time Schedule) Pelaksanaan Proyek untuk dapat dijadikan sebagai acuan harian-mingguan-bulanan, sehingga pekerjaan konstruksi berjalan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Pro Tips: Tetap berkomunikasi dan melakukan kunjungan ke Proyek dengan Kontraktor atau Arsitek yang terlibat, supaya kamu tetap bisa mengetahui progress pekerjaan secara detail.

6. Serah Terima Proyek

Setelah semua tahapan kamu lakukan, sampailah pada tahap final impianmu untuk membangun rumah selesai. Pada tahap ini biasanya ditandai dengan penandatanganan BAST (Berita Acara Serah Terima), dan kamu sudah diperbolehkan untuk menampati rumah impianmu.


7. Masa Garansi

Setiap produk/jasa yang akan kita beli, pastikan untuk memiliki garansi secara detail yang mencakup beberapa point yang dapat dicover atau ditanggung. Biasanya dalam kasus proyek konstruksi, garansi yang sering diklaim oleh Owner yaitu: Kebocoran atap, Retak rambut, kebocoran installasi sanitair. Nah dari beberapa kasus tersebut wajib kamu tanyakan kepada Kontraktor terkait apakah sudah masuk dalam masa garansi.


Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Membangun Rumah, sehingga apa yang kamu impikan dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana awal. Studio HANASTA siap membantumu untuk merealisasikan rumah impianmu. Jangan ragu untuk menghubungi Tim Studio HANASTA dan melakukan konsultasi, kamu tidak akan dipungut biaya sebelum melakukan SPK.


Hubungi Tim Studio HANASTA melalui kontak di bawah ini:


Telpon: 081333455596

WhatsApp: 081333455596

Email: project@studiohanasta.co.id

Alamat: Jl. Ahmad Wahid, Kalangan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Comments


bottom of page